Produksi Mobil Murah Ramah Lingkungan LCGC akan pengaruhi harga mobil

 
Mobil Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla

GaluhPost.com – Nampaknya persaingan mobil murah dan ramah lingkungan LCGC (low cost green car) akan terjadi pasca sudah adanya ketetapan dari pemerintah perihal teknis aturan LCGC ini. Pabrikan otomotif akan masuk dan memproduksi kategori mobil murah ini. Tentunya hal ini disambut baik oleh pasar otomotif. Namun tentunya produksi mobil murah LCGC ini akan berdampak pada harga mobil dipasaran.

Hal ini diungkapkan oleh Widyawati Soedigdo, General Manager Public Relation PT Toyota Astra Motor dalam konferensi pers di Restoran Te Sate, di kawasan Menteng, Senin 8 Juli 2013. Widyawati memperkirakan harga jual mobil akan turun 3,3 persen menjadi Rp 174 juta “dengan asumsi harga LCGC maksimal Rp 95 juta”.

Sementara itu, Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, mengatakan pemerintah mengatur referensi harga LCGC. Dalam petunjuk pelaksanaan yang akan dikeluarkan Kemenperin (Kementerian Perindustrian), harga LCGC dipatok Rp 95 juta. “Belum termasuk biaya balik nama, pajak kendaraan bermotor, pajak daerah serta biaya angkut,” katanya. Menurut Budi juklak tersebut juga mengatur toleransi harga jika ada penambahan fitur LCGC. Dia mencontohkan ada toleransi harga 15% untuk tambahan transmisi otomatis. Sedangkan penambahan fitur keselamatan mendapat toleransi kenaikan harga 10%.

Irfan M. Ikbal

Kontributor Berita Olahraga, dan Otomotif. Penulis tinggal di Ciamis Jawa Barat.
 
Mobil Low Cost Green Car (LCGC) Astra Daihatsu Ayla

Share this Post

 

Tags

, ,